...
Home » » OMNIA TEMPUS HABENT

OMNIA TEMPUS HABENT

Written By Unknown on Selasa, 03 Maret 2015 | 23.57

Binatang ini bernama Capung. Tidak setiap saat kita bisa menemukan binatang ini. Bukan hanya tidak setiap saat, tetapi juga tidak di setiap tempat kita bisa berjumpa dengan binatang ini. Capung hidup hanya di daerah yang umumnya di sebut area pertanian. Dan capung hanya muncul (hidup) pada saat-saat tertentu di masa tanam. Di masa tertentu capung akan muncul, hidup dan berkembang. Tetapi pada masa pertanian yang lain, capung tiba-tiba hilang begitu saja.
Dari capung, lantas kita bisa memberi penjabaran atas pepatah kuno ini: “Omnia tempus habent”. Secara harafiah pepatah itu berarti “segala sesuatu ada saatnya”. Ada saatnya terang, ada saatnya gelap. Ada saatnya muncul, ada saatnya tenggelam. Ada saatnya pergi, ada saatnya pulang. Dan seterusnya.
Kata “saat” yang ada dalam pepatah “Omnia tempus habent” memang seakan-akan hanya berbicara soal waktu. Waktu kapan sesuatu itu “begini” dan kapan sesuatu itu “begitu”. Lebih dari sekedar mengatakan soal waktu, ungkapan omnia tempus habent sebenarnya hendak menyadarkan kita semua akan keutamaan KEBIJAKSANAAN hidup.
Ada banyak rincian ciri sebuah kebijaksanaan. Salah satunya ialah yang berkaitan dengan uangkapan omnia tempus habent. Seorang manusia dikatakan bijaksana ketika dia mampu bersikap tertentu dalam situasi tertentu. Dia tahu kapan harus melakukan sesuatu, dan kapan harus tidak melakukan sesuatu. Dia tahu kapan dan bagaimana mengatakan sesuatu, dan kapan dan bagaimana harus tidak mengatakan sesuatu. Dia tahu di mana dan kepada siapa dia harus bersikap tertentu.
Capung. Binatang yang sangat tidak populer ini , jika kita pahami ternyata memberikan kepada kita pembelajaran yang begitu mendalam akan makna sebuah kebijaksanaan. Itulah capung. Dan kita, manusia, yang sudah dilengkapi dengan kesempurnaan pikiran, hati, dan budi, sudah barang pasti harus meniscayakan kedalaman sikap hidup yang lebih dari sekedar capung.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. wisma hening st catharina - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger