...
Home » » SAFEGUARD YOUR HEART (Selamatkan Hatimu)

SAFEGUARD YOUR HEART (Selamatkan Hatimu)

Written By Unknown on Rabu, 06 Mei 2015 | 02.10


Ya, kita semua ingin menyelamatkan hati kita”. Lalu, bagaimana melakukan hal itu?

Pada tanggal 10 Oktober 2014 yang lalu, dalam homilinya Paus Fransiskus mengatakan bahwa jalan terbaik untuk menjaga/menyelamatkan hati kita adalah dengan mempraktekkan “pemeriksaan batin” setiap hari, di mana kita dapat melihat kembali dengan tenang hal-hal yang buruk yang sudah kita lakukan dan hal-hal baik apa yang gagal kita lakukan untuk Allah, untuk sesama dan diri sendiri.

Jika kita melihat lebih dalam lagi perjalanan masa puasa Prapaskah ini, Sakramen Pengakuan Dosa adalah cara lain untuk menyelamatkan hati kita.

Beberapa minggu  lalu, Paus Fransiskus memberikan tips bagaimana menyiapkan hati untuk menerima Sakramen Pengakuan Dosa.  Sesudah memberikan penjelasan secara singkat mengapa orang harus datang ke pengakuan dosa – “sebab kita semua adalah pendosa” –  Paus Fransiskus memberikan 30 item pertanyaan kunci untuk refleksi pemeriksaan batin dalam pengakuan dosa sehingga kita akan dapat mengakukan dosa-dosa kita dengan baik.
Pertanyaan kunci tersebut antara lain adalah :

·         Apakah saya datang kepda Tuhan hanya pada waktu saya membutuhkan saya?
·         Apakah saya menghadiri Misa Kudus pada hari Minggu dan Hari-hari besar yang diwajibkan?
·         Apakah saya memulai dan mengakhiri hari dengan doa?
·         Apakah saya malu mengakui bahwa saya orang Kristiani?
·         Apakah saya melawan rencana Allah?
·         Apakah saya iri hati, suka marah, suka berprasangka?
·         Apakah saya jujur dan terbuka pada setiap orang atau saya seperti “budaya iklan” yang hanya    
       membakar tetapi tidak yang sebenarnya.
·         Dalam hidup perkawinan dan relasi dengan keluarga, apakah saya berpegang pada moralitas yang
       diajarkan dalam Kitab Suci?
·         Apakah saya menghormati dan menghargai orangtua saya?
·         Sudahkah saya menolak pemahaman baru tentang kehidupan?
·         Sudahkah  saya merusak anugerah kehidupan ini? Atau saya ikut memeliharanya?
·         Apakah saya menghargai lingkungan hidup saya?
·          Apakah saya termasuk orang duniawi atau termasuk dalam orang yang percaya?
·          Apakah saya melakukan sesuatu yang berlebihan berkaitan dengan makanan, minuman, rokok 
       dan hiburan?
·         Apakah saya terlalu fokus pada keadaan fisik saya, barang milik saya?
·         Bagaimana saya menggunakan waktu saya? Apakah saya malas?
·         Apakah saya ingin dilayani?
·         Apakah saya berangan-angan untuk balas dendam dan mempertahankan iri hati?
·         Apakak saya lembut hati, rendah hati dan menciptakan perdamaian?

Diambil dari "Going to confession during Lent? Here are some tips from the pope" oleh Carol Glatz of Catholic News Service

Have a blessed week,
Sister Theresa Sullivan, DC

Diterjemahkan oleh Sr. Paula, PK.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. wisma hening st catharina - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger